Persiapan SMK Telkom AKN Marzuqi Menuju Dunia Kerja

Persiapan SMK Telkom AKN Marzuqi Menuju Dunia Kerja.

smk telkom terpadu ponpes akn marzuqi

SMK Telkom AKN Marzuqi Cetak Lulusan Siap Kerja. Sekolah menengah kejuruan kini makin populer. Setelah siswa SMK Negeri 2 Surakarta sukses merakit mobil Esemka, sekolah kejuruan lain kian diminati. Apa saja yang ditawarkan SMK?

 

SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati ialah Sekolah yang Berbasis Digital

Sekolah Menengah Kejuruan SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati didirikan tahun 2004. Tujuannya, menyiapkan lulusan yang siap bekerja sebagai teknisi di berbagai perusahaan. Awalnya siswa yang masuk di SMK yang ada rata-rata laki-laki semua, tapi setelah ada Jurusan Teknik Komputer di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati, mulai menerima siswa wanita. “Tapi tetap jumlah siswa laki-laki masih lebih banyak”.

Ada empat jurusan di SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati. “Jurusan Teknik Switching untuk belajar dasar penggunaan komputer, Jurusan Teknik Transmisi yang mempelajari transmisi sinyal telekomunikasi melalui satelit, kabel, atau wireless.”

Dua jurusan lain adalah Teknik Jaringan Akses dan Teknik Komputer dan Jaringan. ” SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati dilengkapi berbagai laboratorium switching, transmisi, jaringan akses, teknologi informatika, software, jaringan komputer, multimedia, bahasa, elektronika, dan fiskim.”

TSP juga dilengkapi dua muatan lokal multimedia (membuat animasi, video klip karaoke) dan broadcast (cameraman). “Kendati siswa SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati tidak khawatir mendapat pekerjaan, secara mandiri mereka toh sudah punya dua keahlian tersebut,”

Meski ada jaminan diterima bekerja, tapi semua tetap tergantung pada siswa SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi. “Pihak sekolah memfasilitasi siswa ke berbagai anak perusahaan lain. Saat ini saja ada perusahaan yang membutuhkan 1.000 karyawan, namun kami hanya memiliki 320 lulusan. Itu juga belum tentu semuanya mau bekerja karena ada yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.”

Yang membedakan SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati dengan SMK lain adalah waktu belajarnya. “Kami masuk jam 07.00 sampai jam 16.00 karena banyak mata pelajaran tambahan.”

Soal biaya, tahun ini SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi yang berada di desa pati tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan smk Telkom lainya yang ada di Indonesia. “Kami juga sering mendapat prestasi, juara khususnya juara lomba web design se jawa tengah.

Selama ini ada anggapan lulusan SMK Telkom kerjanya hanya memperbaiki kabel saja, tapi lulusan SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi sanggup membuat aplikasi multimedia. “Saya pengin membawa SMK Telkom Terpadu AKN Marzuqi menjadi sekolah berbasis digital. Dimulai dari pemberian tugas memanfaatkan teknologi informasi. “

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *